Konjungsi Langka Jupiter dan Saturnus Membuat Bintang Natal Terlihat dari Indonesia

Konjungsi Langka Jupiter dan Saturnus Membuat Bintang Natal Terlihat dari Indonesia

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

Liputan6. com, Jakarta semrawut Planet Jupiter & Saturnus akan terlihat berdampingan di 21 Desember mendatang. Fenomena langit yang langka ini disebut great conjunction (konjungsi agung)  yang membentuk Bintang Natal.  

Belakang kali fenomena ini dapat tampak dari Bumi pada 800 tarikh lalu. Tak berlebihan jika tanda ini santer disebut terjadi sekali seumur hidup.  

Situs Fakultas Fisika dan Astronomi Universitas Rice di Texas menyebut fenomena ini dapat terlihat juga di daerah ekuator.

Di Indonesia, Institusi Penerbangan  dan Antariksa Nasional (LAPAN) ternyata sudah mengantisipasi fenomena jarang ini. Dijelaskan bahwa waktu unggul melihatnya adalah pukul 18. 30 WIB hingga 20. 30 WIB.  

“Fenomena tersebut hanya dapat diamati selama besar jam saja sejak pukul 18. 30 WIB hingga 20. 30 WIB dari arah Barat-Barat Daya, ” tulis LAPAN di Instagram resmi mereka.

2 dari 4 halaman

Terakhir Terlihat 800 Tahun Cerai-berai

Terakhir kali petunjuk ini terjadi adalah pada 400 tahun lalu, dan terakhir mampu dilihat dari Bumi pada 800 tahun lalu.  

Space. com   menyebut bahwa konjungsi terjadi masa planet-planet sangatlah dekat karena mereka sejaja dengan Bumi pada orbitnya masing-masing.

Jupiter & Saturnus akan mengalami konjungsi pada 21 Desember 2020. Kedua planet itu adalah yang terbesar pada tata surya kita.

Selama tiga pekan pertama pada Desember, NASA menyebut Saturnus serta Jupiter  sudah mulai melakukan penghampiran. Kedekatan Saturnus dan Jupiter dapat dilihat pada cakrawala barat gaya setelah matahari terbenan.  

3 dibanding 4 halaman

Bintang Natal

Sebagian kalangan menyebut fenomena ini sebagai Bintang Natal karena terjadinya berdekatan dengan Keadaan Natal 2020.

Tersedia kemungkinan cahaya dari dua planet ini bisa terlihat dengan serampangan telanjang pada 21 Desember. Pasalnya, kedua planet ini sangatlah benar.

Apabila keduanya berjejeran, mereka dapat menghasilkan “bintang musim dingin” sebab cahaya keduanya mau tampak seakan-akan mereka adalah mulia.

Situs  Solar System NASA   membicarakan cahaya dari konjungsi ini bisa dilihat dari kota-kota besar. Terang planet Jupiter dan Saturnus bahkan dapat terlihat dari cahaya kamera smartphone.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Itu: