Menyetir Mobil Sendirian Tak Bermasker Kena Sanksi, Polisi: Disiplin Pribadi

Menyetir Mobil Sendirian Tak Bermasker Kena Sanksi, Polisi: Disiplin Pribadi

Liputan6. possuindo, Jakarta – Kepala Biro Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PID) Divisi Humas Polri Brigjen Hendra Suhartiyono, mengatakan penindakan terhadap pengendara mobil tak bermasker walau sendiri adalah sebuah kedisiplinan.

“Itu disiplin pribadi, sepanjang dia kurang (disiplin) otomatis dia keluar kemana-mana bisa kurang (disiplin) maka seyogyanya memang kalau keluar rumah ya menggunakan masker  walau nyetir sendiri, ” kata Hendra saat diskusi bersama BNPB, Kamis (17/9/2020).

Menurut dia, penindakan terhadap pengemudi yang tak menggunkan masker juga bertujuan sebagai pencegahan. Sebab, trojan tak mengenal tempat dan siapa pun untuk tertular.

“Virus tak terlihat kasat mata, jadi jangan copot masker, ” jelas dia.

2 dari 3 halaman

Upaya Pencegahan

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin, mengatakan penindakan terkait sebagai pengingat kepada seluruh masyarakat bahwa dalam Pergub 88 tahun 2020 mengatur seluruh aktitivitas, kegiatan pada luar rumah diwajibkan menggunakan masker, termasuk saat berkendara.

“Jadi ketika kita masuk sarana, walaupun sendiri tetap menggunakan masker karena dalam perjalanan tidak memanfaatkan masker, kita tak tahu apakah kemudian jendela kaca mobil terbuka atau tidak, kita tidak mengetahui. Ini sebenarnya upaya (pencegahannya), ” Arifin menandasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan pada Bawah Ini: